Segala yang Hidup Pasti Berubah – Jika kita berbicara lebih dalam dan mengangkat kon-teks kekinian dan kedisinian, kita akan menemukan bahwa diri kita pun sebagai manusia jua akan merasakan perubahan. Disadari atau tidak, perubahan itu pasti terjadi dalam diri kita.

Segala yang Hidup Pasti BerubahSederhananya, pertumbuhan manusia dari bayi yang baru lahir bertumbuh menjadi anak-anak, kemudian remaja, dewasa, dan setelahnya menjadi tua sebelum pada akhirnya kembali ke haribaan. Pertumbuhan atau (dapat kita katakan) perubahan fisis manusia adalah hal paling sederhana yang dapat membuktikan bahwa manusia mengalami yang nama-nya perubahan.

Di samping perubahan fisis, perubahan psikologis sese-orang akan senantiasa berubah dalam berjalannya waktu. Perjalanan waktu yang dialami oleh seseorang akan ber-pengaruh pada banyak atau tidaknya peristiwa yang dialami oleh seseorang. Kemudian dari peristiwa yang dialami, akan membentuk bentukan psikologis seseorang.

Beberapa ahli telah meneliti bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan psikologis seseorang dalam per-jalanan hidupnya adalah sebagai berikut :

  1. Nature atau sifat bawaan yang ada pada diri manusia. Faktor ini merupakan faktor bawaan yang dipengaruhi oleh faktor genetis, atau keturunan.
  2. Nurture atau lingkungan yang membentuk kepri-badian manusia. Lingkungan yang berada di sekitar seseorang saat ia tumbuh akan mempe-ngaruhi bagaimana ia berkembang.

Kedua faktor tersebut saling berkelindan membentuk bagaimana pribadi manusia. Seperti halnya struktur bangunan DNA, sifat bawaan dan lingkungan akan memiliki kontribusi yang besar dalam pembentukan kepribadian manusia.

Kita seringkali membedakan antara perubahan pada diri manusia yang bersifat fisik dan psikologis dengan penye-butan pertumbuhan untuk perubahan fisik, dan perkem-bangan untuk perubahan yang bersifat psikologis. Tentu perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang mengarah pada pertambahan kualitas ataupun kuantitas yang terjadi dalam diri manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *