PerubahanPrinsip dan Arah Gerak Perubahan menjadi suatu keniscayaan dalam alam raya ini. Ia menjadi keniscayaan bagi setiap yang berwujud. Perubahan pun melingkupi hal-hal yang tak tampak hingga hal-hal yang teramat besar. Kesemuanya bergerak berubah dengan dinamika yang teratur dan tentunya atas kehendak Sang Maha Pemilik alam raya ini.

Perubahan-perubahan yang ada dan melingkupi setiap yang berwujud memiliki prinsip dalam keber-adaannya. Prinsip yang tidak bisa tidak berlaku pada setiap perubahan atas kehendak dan izin dari-Nya.

Begitu juga dengan keberadaan suatu per-ubahan, ia pasti memiliki arah. Seperti halnya sebuah gaya yang diberikan kepada suatu benda, akan meng-arahkan benda pada arah yang dituju oleh gaya ter-sebut.

Berbicara tentang perubahan dalam konteks manusia, perubahan bisa mengarah ke arah kebaikan maupun kepada keburukan. Ada pula sifat yang ter-kandung dalam keberadaan suatu perubahan. Penulis mencoba merumuskan sifat-sifat perubahan menjadi tiga hal. Sifat-sifat tersebut diantaranya adalah ber-langsung secara cepat, berlangsung dalam cakupan wilayah yang luas, dan berlangsung secara terus menerus.

Pertama, berlangsungnya perubahan secara ce-pat. Dewasa ini, sikap masyarakat cenderung berusaha selalu terbuka pada setiap perubahan. Ketika mereka tidak puas dengan kondisi yang ada, mereka mengganti pemimpin daerahnya saat pemilu berlangsung. Ter-jadilah perubahan kepemimpinan. Masyarakat kita hari ini juga cenderung selalu menyukai sesuatu yang baru. Generasi hari ini selalu berusaha menunjukkan diri sebagai generasi yang up to date, karenanya perubahan pun akhirnya cepat terjadi, hampir dalam segala hal.

Adanya prinsip yang menghendaki bahwa setiap manusia harus berorientasi ke masa depan menjadikan manusia tersebut selalu berjiwa optimistis. Perasaan dan sikap optimistis adalah sikap dan perasaan yang selalu percaya akan diperolehnya hasil yang lebih baik, atau mengharapkan adanya hari esok yang lebih baik dari hari sekarang. Tumbuhnya jiwa dan sikap optimistis, serta keinginan yang kuat untuk maju itu pula sehingga proses-proses perubahan dapat cepat terjadi dalam masyarakat.

Hal lainnya adalah globalisasi yang masuk ke Indonesia mendorong kita berinteraksi dengan banyak orang, banyak budaya dengan orang-orang dari ber-bagai belahan dunia lain. Proses semacam ini akhirnya mendorong perubahan berlangsung secara cepat setiap harinya.

Kedua, berlangsungnya perubahan dalam ca-kupan wilayah yang luas. Dalam kasus fenomena social media hari ini, dapat kita lihat para pengguna social media di Indonesia tidak hanya terbatas pada kaum urban di kota-kota besar, tetapi semua orang di berbagai pelosok daerah juga mengakses sosial media. Perubahan ini pun tidak hanya terjadi di Indonesia. Negara-negara kecil hampir di seluruh dunia hari ini sangat aktif menggunakan social media. Bahkan ada sebuah per-nyataan bahwa penduduk terbesar saat ini dimiliki oleh facebook. Darisini kita dapat melihat bahwa perubahan hari ini berlangsung dalam cakupan yang luas.

Ketiga, berlangsungnya perubahan secara terus menerus. Derasnya arus informasi yang masuk ke setiap individu dimanapun ia berada merangsang terjadinya proses perubahan yang tidak dapat dihindari lagi. Masuknya informasi baru membuat orang memiliki pandangan baru, rasa optimistis baru atau bisa juga ketakutan baru, yang akhirnya mendorong terjadinya perubahan itu sendiri. Masuknya informasi yang cepat dan juga banyak pada akhirnya membuat setiap perubahan terjadi secara terus-menerus tanpa berhenti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *