Perubahan MikroskopisPengawasan dan izin Allah mencakup segala sesuatu di jagad semesta ini, termasuk hal-hal yang tak kasat mata sekalipun. Manusia yang memiliki keimanan harus senantiasa meyakini ini sebagai bentuk pengakuan terhadap rubbubiyah atau kekuasaan daripada Allah.

Saat kita mempelajari ilmu biologi, akan kita dapati bahwa satuan terkecil yang menyusun tubuh manusia adalah sel. Di dalam sel terdapat beberapa organel yang tiap organel memiliki fungsi masing-masing. Setiap organel yang menyu-sun satu buah sel akan berbagi peran untuk mengerjakan aktivitas yang akan dilakukan oleh satu satuan sel tersebut.

Aktivitas terpenting pada suatu sel adalah aktivitas metabolisme. Aktivitas metabolisme adalah proses kimiawi yang terjadi pada tubuh makhluk hidup. Metabolisme pada sel akan dipengaruhi oleh rangsangan kimiawi yang memapar sel tersebut. Respon yang diberikan pun juga berlangsung dengan proses kimiawi. Aktivitas metabolisme pada sel berasal dari kebutuhan akan materi dan energi yang akan digunakan setiap sel untuk tetap hidup. Energi pada sel didapat dari molekul-molekul organik yang berasal dari apa yang dimakan oleh manusia.

Perubahan yang dialami oleh suatu sel terjadi saat sel tersebut mendapatkan rangsang atau stimulus. Rangsangan yang diterima dan respon yang diberikan berjalan diatas kadar ketentuan yang telah digariskan oleh Allah. Perubahan-perubahan yang ada pada sel antara lain seperti saat sel beradaptasi terhadap lingkungan yang tidak ideal, kemudian saat sel hendak berkembang biak dan seterusnya.  Perubahan yang terjadi pada sel memiliki kaidah sebab akibat di dalam-nya yang dari sana Allah telah menetapkan kadar ketentuan dibalik itu semua.

Kemudian, saat kita mempelajari ilmu fisika, kita akan banyak menemui kekuasaan Allah di dunia ini. Hampir sebagian besar teori dalam fisika menyebutkan struktur penyusun terkecil dari setiap unsur adalah atom. Atom itu sendiri terdiri dari susunan proton, elektron dan neutron yang sedemikian rupa berdinamika.

Perubahan Mikroskopis

Saat proton yang bermuatan positif, berkumpul de-ngan neutron yang bermuatan netral pada inti atom, elektron dengan teraturnya bergerak mengelilingi inti atom dalam jalur orbit yang tetap. Kejadian ini berlangsung terus menerus sampai Allah menghendakinya untuk berhenti.

Para fisikawan mengatakan bahwa dinamika dalam atom adalah didasarkan pada dualisme sifat elektron, yaitu sebagai gelombang sekaligus sebagai partikel. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan lain disertai pemancaran atau penyerapan sejumlah energi yang harganya sama dengan selisih kedua tingkat energi tersebut.

Menurut Niels Bohr –salah seorang fisikawan terke-muka dunia– atom merupakan inti kecil bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron yang bergerak dalam orbit sirkular mengelilingi inti –mirip sistem tata surya, tetapi peran gaya gravitasi digantikan oleh gaya elektrostatik.

Sama halnya seperti yang terjadi dalam sel pada makh-luk hidup, proton dan partikel lain penyusun atom berdina-mika atas kadar ketentuan yang ditetapkan oleh Allah.

Begitulah cara Allah menunjukkan kekuasaan-Nya. Maha Kuasa Allah atas segala hal yang tersusun lagi teratur.

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *