Kesadaran diri merupakan elemen utama dalam membangun manusia. Bagaimana setiap individu menentukan arah perubahan itu sendiri. Elemen yang harus dibangun dari kesadaran diri ini adalah tanggung jawab. Tanggung jawab terhadap hakikat penciptaan manusia itu sendiri, bahwa adanya manusia di muka bumi ini pasti mempunyai tujuan besar dan mulia. Bagaimana manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah dan sebagai khalifah dimuka bumi ini.

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia me-lainkan supaya mereka menyembah-Ku(QS 51: 56)

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". (QS 2: 30)

Beban besar sebagai khalifah dimuka bumi ini harus menjadi kesadaran diri dari setiap manusia, tanggung jawab terhadap perintah Allah ini akan mem-buat orientasi hidup manusia bertuju hanya kepada tujuan besar ini.  Seperti halnya kendaraan bermotor yang membutuhkan bahan bakar untuk bergerak, kesadaran diri merupakan bahan bakar untuk memacu perubahan dan mencapai tujuan mulia manusia.

Kesadaran diri juga tentang cita-cita besar umat saat ini. Hari ini umat Islam mendapat banyak fitnah dan gempuran, merupakan sebuah tantangan besar, bagaimana kita bisa menunjukkan Islam merupakan rahmatal lil ‘alamin. Sehingga kita harus melakukan bertransformasi sebagai upaya membangun peradaban.

Kepemimpinan profetik berarti setiap pemimpin harus mempunyai karakter yang kuat. Karakter yang kuat itu tidak bisa dibentuk bersama-sama, tapi berda-sarkan kesadaran diri sendiri. Seharusnya lembaga-lembaga pengkaderan Islam memiliki misi dalam mem-bentuk pemimpin yang berkarakter, dan untuk mem-bentuk hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan cara biasa, harus diciptakan terlebih dahulu paradigma yang ingin dibentuk dan pada akhirnya menimbulkan kesa-daran diri untuk bertransformasi dan melakukan per-ubahan.

Kesadaran Diri

Ingin tahu artikel selanjutnya? Artikel selanjutnya adalah Kapasitas dan Kemampuan Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *