Perubahan atau dinamika dapat juga dimaknai sebagai perwujudan dari hukum kausalitas atau sebab akibat. Hukum kausalitas yang terwujud dalam perubahan dapat kita pandang dalam dua perspektif. Perspektif yang dimaksud yakni perspektif material dan transendental.

Perspektif material maksudnya adalah bahwa setiap perubahan dukung oleh hukum kausalitas mate-rial atau keduniawian. Ada sebab ada akibat yang melingkupi sebuah perubahan. Perubahan tidak akan terjadi tanpa adanya sebab.

Sedangkan perspektif transendental maknanya adalah setiap perubahan yang terjadi terdapat faktor ilahiah yang turut serta mempengaruhi terjadinya suatu perubahan. Perubahan yang terjadi di dunia ini tidak semata-mata dipengaruhi oleh hukum kausalitas yang terjadi an sich, melainkan izin Allah lah yang menen-tukan perubahan tersebut terjadi atau tidak. Karena mudah saja bagi Allah untuk menggagalkan suatu hasil ketika prosesnya sudah sedemikian rupa sempurna, begitu juga sebaliknya. Seperti halnya yang telah kita bahas pada akhir bab sebelumnya.

Sebagaimana Allah berfirman dalam Quran Surat Yaasiin pada ayat ke 82 “Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: ‘Jadilah!’ maka terjadilah ia.” Pada ayat tersebut Allah menunjukkan ketika ia menghendaki sesuatu maka Allah cukup berkata “Jadi” maka terjadilah apa yang Allah kehendaki. Ayat ini mengingatkan kedu-dukan kita sebagai manusia agar senantiasa meng-hamba padaNya. Menghamba disini maknanya adalah selalu tunduk pada ketetapanNya. Berserah diri pada Allah atas setiap apa yang kita lakukan akan meng-antarkan kita kepada keikhlasan dan rasa syukur yang tiada henti setiap hari kepadaNya.

Islam mengenal suatu konsep bernama takdir. Bahkan mempercayai takdir adalah bagian dari rukun dalam bangunan keimanan dalam Islam. Sebagaimana dalam suatu hadist, Rasulullah pernah bersabda, “Sesungguhnya Tuhanku berkata padaku: Wahai Muhammad! Sesungguhnya Aku kalau sudah menen-tukan sesuatu maka tiada seorangpun yang sanggup menolaknya.”

Artikel berikutnya Arah yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *