Allah Sebagai Faktor Determinan Perubahan – Kata-kata Innallaha menunjukkan kaidah bahwa Allah SWT senantiasa terlibat dalam setiap proses perubahan, bahkan sebagai faktor penentu (determinan). Kehancuran bangsa-bangsa di bidang ekonomi dan politik tak lepas dari faktor kehendak Allah dengan segala hubungan kausalitasnya (QS Al-An’am 6: 6). Dalam ayat lain surat Al-An’am 6: 44). Begitupun sebaliknya, bangunnya sebuah bangsa dari kehan-curan tidak lepas dari keterlibatan dan pertolongan Allah SWT (Lihat QS Al-A’raf 7: 96).

Allah sebagai Faktor Determinan PerubahanKonsekuensinya, setiap peristiwasejarah dan proses perubahan harus dilihat dari dua perspektif secara bersamaan, yaitu perspektif kausalitas material dan perspektif kausalitas transedental. Kausalitas material adalah kompleksitas interaksi antar unsur-unsur basyariah (kemanusiaan) berupa indera, anggota tubuh, akal dan hati dalam kepentingan kolektif umat manusia secara material, teknis dan organisasi. Kausalitas transedental adalah kompleksitas interaksi antar unsur-unsur basyariah dengan unsur-unsur Ilahiyah, dimana nilai “kebenaran hakiki” dan “jalan hidup yang benar” diletakkan bagi manusia.

Manusia yang hanya percaya pada kausalitas material akan mudah terjebak dalam pusaran perubahan yang absurd dan mudah mengalami frustrasi, manakala unsur-unsur basyariahnya tidak mampu lagi berhadapan dengan realitas. Sebaliknya, daya tahan peradaban akan terus eksis, ketika terjadi perpaduan serasi antara unsur basyariah dengan unsur Ilahiyah (QS Asy-Syuara 26: 61-62).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *